Saturday 31 March 2012

Memanaskan Air Dalam Plastik, Gelas plastik, dan Balon Karet

Alat dan bahan :
  1. Air mineral
  2. Plastik 
  3. Gelas plastik
  4. Balon karet 
  5. Korek api
  6. Lilin 
Langkah percobaan :
  1. Siapkan alat dan bahan
  2. Nyalakan sumber api (lilin)
  3. Masukkan air mineral ke plastik, gelas plastik, balon karet
  4. Panaskan air mineral ke plastik, gelas plastik, balon karet di atas sumber api.
  5. Amatilah apa yang terjadi. 

Tetapi selama pemanasan, air tidak boleh dipindahkan

Konsep fisika :
Pada saat kita memanaskan langsung plastik, gelas plastik, dan balon karet (seperti memasak dengan panci). Kalor mengalir dari sumber panas melintasi permukaan gelas dan diteruskan ke air. Namun, bukannya plastik, gelas plastik, dan balon karet meleleh karena panas yang ditimbulkan, justru air yang malah menjadi panas. Lalu kenapa hal ini terjadi? Dalam kasusplastik, gelas plastik, dan balon karet kosong, panas yang diberikan akan langsung melelehkanya jika suhunya melebihi ambang titik leleh plastik. Namun ketika dalam gelas diisi air, kalor yang seharusnya melelehkan plastik, gelas plastik, dan balon karet dihantarkan ke air.
Kalor dihantarkan oleh permukaan plastik, gelas plastik, dan balon karet ke air, dan kalor ini dimanfaatkan untuk memanaskan air. Karena kalor jenis air tinggi, waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan sampai suhu yang mampu melelehkan plastik cukup lama, akibatnya gelas plastik lebih tahan lama tanpa meleleh.

Semoga dapat bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr. Wb

catatan pak guru

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Post a Comment