Jakarta SMPN 1 Denpasar mengukir prestasi dengan menempatkan 11 siswanya dalam deret peringkat UN Terbaik. Kepala sekolah menjamin tak ada rekayasa dalam meraih prestasi itu. Penasaran rahasia di balik kesuksesan ini?

"Tidak ada rekayasa. Tidak ada bocoran soal. Kami meraih prestasi ini karena anak-anak belajar dengan baik dan terlatih," kata Kepala SMPN 1 Denpasar Anak Agung Gede Agung Rimbya Temaja kepada detikcom di sekolah, Jalan Surapati, Denpasar, Sabtu (2/6/2012).

Temaja mengatakan, jelang UN telah mewanti-wanti siswanya untuk tidak tergiur dengan bocoran soal. Ia menilai bocoran soal tersebut hanya jebakan dan menyesatkan siswa.

Dalam menempatkan 11 siswanya, termasuk siswi Ni Putu Tamara Bidari Suweta sebagai peringkat I se-Indonesia, SMPN 1 Denpasar melakukan pelatihan UN sejak duduk di kelas 7 SMP.

"Kelas 7-9 les sore untuk empat mata pelajaran yang diujikan di UN. Setiap pekan, siswa dites untuk mengetahui tingkat kemampuannya," kata Temaja.

Menjelang UN, Siswa kelas 9 SMPN 1 Denpasar akan mendapatkan latihan kisi-kisi materi yang diujikan. "Kami berikan kisi-kisi materi yang disediakan oleh pusat," ujar Temaja.

Kini, SMPN 1 Denpasar menjadi yang terbaik di Indonesia. Selain menempatkan 11 siswanya, sekolah terbaik di Denpasar ini juga menjadi sekolah dengan rata-rata UN tertinggi, yaitu 9,65.

Post a Comment

 
Top