KISI-KISI
UJIAN NASIONAL (UN) IPA SD 2013
Written
By : http://catatan-ngajar.blogspot.com.
on Senin, 25 Februari 2013 | 12:44
Kisi-kisi UN IPA Tahun 2012/2013.
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) IPA di SD/MI merupakan
standar minimum yang secara nasional harus dicapai oleh peserta didik dan
menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan pendidikan.
Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta didik untuk membangun
kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru. Untuk SK dan KD Ujian Nasional Tahun
2012/2013 Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merilis kisi-kisi soal Ujian
Nasional 2013. Berikut ini kisi-kisi Ujian Nasional mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam :
Kompetensi
|
Indikator
|
|
1.
|
Memahami ciri-ciri dan
penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya |
1.
Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/
ciri khusus tumbuhan
tertentu
2.
Disajikan contoh beberapa
tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan
dari tumbuhan/hewan tersebut
3.
Siswa dapat menjelaskan manfaat
hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia/lingkungan.
4.
Siswa dapat menjelaskan tujuan pelestarian
hewan/tumbuhan
|
2.
|
Memahami perkembangbiakan
hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan |
5.
Disajikan gambar hewan/tumbuhan,
siswa dapat menentukan cara
perkembangbiakannya.
6.
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
|
3. |
Memahami saling ketergantungan
antarmakhluk hidup
|
7.
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar
makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
8.
Siswa dapat menentukan rantai makanan/peran
makhluk hidup dalam komunitas/ekosistem tertentu.
9.
Siswa dapat menentukan peran/manfaat tumbuhan
bagi
makhluk hidup di sekitarnya |
4.
|
Memahami penyesuaian diri pada
makhluk hidup serta peranan manusia dalam keseimbangan lingkungan
|
10.
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap keseimbangan lingkungan
11.
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi
pada hewan/tumbuhan tertentu
|
5.
|
Memahami bagian tubuh manusia,
tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi
kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat
|
12.
Siswa dapat menjelaskan fungsi jaringan
pada tumbuhan.
13.
Disajikan gambar alat indera,
siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk
14.
Siswa dapat menjelaskan proses yang
terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan.
15.
Disajikan gambar alat pencernaan
manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat
pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
16.
Siswa dapat menentukan aliran darah
pada salah satu sistem peredaran darah
manusia berdasarkan gambar
17.
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia
berdasarkan gambar
18.
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan
tertentu bagi kesehatan tubuh manusia
19.
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri
perkembangan fisik pada manusia.
20.
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah
satu jenis penyakit pada manusia
|
6.
|
Memahami sifat penyusun benda,
perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam
kehidupan sehari-hari
|
21. Disajikan
ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis perubahan wujud zat
yang terjadi.
22. Siswa
dapat menyebutkan sifat-sifat bahan
untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu.
23. Disajikan
ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu
terhadap benda pada kegiatan tersebut.
24. Siswa
dapat menjelaskan perpindahan kalor
yang terjadi pada suatu kegiatan/peristiwa
|
7.
|
Memahami hubungan antara gaya, gerak,
energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
|
25.
Disajikan gambar kegiatan tertentu,
siswa dapat menentukan jenis gaya
yang dimanfaatkan
26.
Disajikan pernyataan/gambar, siswa
dapat mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk/arah suatu benda
27.
Disajikan gambar/ilustrasi suatu
kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana
yang sesuai digunakan.
28.
Disajikan gambar alat musik, siswa
dapat menunjukkan sumber bunyi
dari alat tersebut
29.
Disajikan gambar/pernyataan, siswa
dapat menentukan sifat cahaya
dari gambar/pernyataan tersebut
30.
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat
menentukan perubahan energi
yang terjadi
31.
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif
dalam kehidupan sehari-hari.
32.
Disajikan gambar rangkaian listrik,
siswa dapat menentukan lampu yang menyala/padam jika salah satu saklar
diputus/disambung
|
8. |
Mendeskripsikan berbagai jenis sumber
daya alam, perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi
kehidupan.
|
33.
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
34.
Disajikan gambar/pernyataan, siswa
dapat menentukan manfaat salah satu
jenis sumber daya alam
35.
Siswa dapat menyebutkan salah satu
kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan
bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
36.
Siswa dapat mengelompokkan jenis
sumber daya alam yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
|
9.
|
Memahami sistem tata surya bagi
kehidupan.
|
37.
Menentukan nama planet/ciri-ciri
planet dalam tata surya
38.
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan
terhadap kehidupan di bumi
39.
Siswa dapat mengidentifikasi gambar
terjadinya gerhana
matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan.
40.
Siswa dapat menjelaskan dasar
perhitungan tahun masehi/tahun hijriah.
|
0 komentar:
Post a Comment