GERAK SEISMONASTI
a.      Tujuan              : Mengamati gerak seismonasti
b.      Alat & Bahan   : 1. Tanaman putri malu 1 buah
                          2. Stopwatch 1 buah
                          3. Penggaris 1 buah 
c.      Teori Dasar       :   Setiap makhluk hidup (organisme) mampu menerima dan menanggapi rangsangan yang disebut IRITABILITAS. Salah satu bentuk tanggapan yang umum dilakukan berupa gerak. Gerak adalah perubahan posisi tubuh atau perpindahan yang meliputi seluruh atau sebagian dari tubuh sebagai respon yang diberikan terhadap rangsangan dari lingkungan dan akibat adanya pertumbuhan.
           
d.      Cara Kerja       : 
 1. Menyiapkan alat dan bahan seperti tanaman putri malu dalam pot, alat tulis , stop watch,   
     penggaris                        
 2. Menyentuh tumbuhan putri malu dari yang secara halus hingga secara kasar dengan  
     menggunakan penggaris           
e.      Data Pengamatan      :  
No
Jenis sentuhan pada daun putri malu
Reaksi daun putri malu
Keterangan
1
Halus
Dari pangkal daun ke ujung, hanya anak daun di ujung saja yang mengatup
mengatup: 4 sekon
membuka kembali: 429 sekon
2
Sedang
Dari tengah ke pangkal mengatup
mengatup: 5 sekon
membuka kembali: 257
3
Kasar
Dari pangkal daun ke ujung daun mengatup
mengatup: 3  sekon
membuka kembali: 389
f.        Pembahasan dan Analisa       : pada saat bagian tumbuhan putri malu disentuh, terjadi aliran air menjauhi daerah sentuhan. Adanya aliran air tersebut menyebabkan kadar air sel-sel motor di daerah sentuhan berkurang, sehingga tekanan turgornya mengecil. Juga disebabkan karena hilangnya turgor dalam sel-sel pulvinus. Pulvinus adalah organ penggerak khusus yang berada di tulang daun. Pada sentuhan dengan panggaris pada bagian ujung ibu tangkai daun memiliki daerah penutupan yang paling luas    
g.      Kesimpulan      : Arah mengatup berasal dari bagian yang mendapat perlakuan dan menjalar ke bagian yang berhubungan secara berurutan hingga menemui ujung dan mulai ke bagian lainnya.


RESPIRASI PADA MAHLUK HIDUP
a.      Tujuan              :           Membuktikan bahwa respirasi memerlukan udara (oksigen)
b.      Alat & Bahan   :           1. Botol Ukuran kecil 1 buah
2. Sedotan 2 Buah
3. Plastisin secukupnya
4. Kapur sirih secukupnya
5. Kapas secukupnya
6. Jangkrik 1 buah
7. Air yang diberi warna merah
c.      Teori Dasar       :           Respirasi adalah suatu proses pengambilan O2 untuk memecah senyawa-senyawa organik menjadi CO2, H2O dan energi. Serangga mempunyai alat pernapasan khusus berupa system trachea yang berfungsi untuk mengangkut dan mengedarkan O2 ke seluruh tubuh serta mengangkut dan mengeluarkan CO2 dari tubuh. Trachea memanjang dan bercabang-cabang menjadi saluran hawa halus yang masuk ke seluruh jaringan tubuh oleh karena itu, pengangkutan O2 dan CO2 dalam system ini tidak membutuhkan bantuan sistem transportasi atau darah. Udara masuk dan keluar melalui stigma, yaitu lubang kecil yang terdapat di kanan-kiri tubuhnya. Selanjutnya dari stigma, udara masuk ke pembuluh trachea yang memanjang dan sebagian ke kantung hawa. Pada serangga bertubuh besar terjadinya pengeluaran gas sisa pernafasan terjadi karena adanya pengaruh kontraksi otot-otot tubuh yang bergerak secara teratur.
d.      Cara Kerja       :           1. Menyiapkan Jangkrik didalam botol air mineral
2. Melubangi tutup botol air mineral dan memasukkan  sedotan dengan yang lebih panjang diluar.
3.Memasukkan sedikit kapas kedalam kapur sirih yang cair
4.Setelah kapas basah dengan kapur sirih lalu dimasukkan kedalam botol
5.Tutup botol diberi plastisin secukupnya, sehingga tidak ada celah
sukkan air yang berwarna merah kedalam sedotan pada botol respirometer, tunggu hingga setiap 2 menit sedotan diberi tanda menurut pegerakan air yang berwarna merah.
e.      Data Pengamatan      :
Respirometer
Keadaan air berwarna pada repirometer, 2 menit
Pertama
Kedua
Ketiga
Keempat
Kelima
A
1 cm
4,5 cm
6 cm
8 cm
10 cm
 
a.      Pembahasan dan Analisa       :          
Perlakuan 1 : kecepatan eosin meningkat, karena oksigen yang berada di dalam tabung dipergunakan semaksimal mungkin oleh serangga
Perlakuan 2 : kecepatan eosin menurun, karena aktivitas tubuh serangga sedikit , itu diakibatkan karena serangga kekurangan O2 yang tertutup oleh eosin tersebut.
Pada saat Jangkrik bernapas,mereka menghirup oksigen atau udara di sekitar. Pada saat mereka berada di dalam respirometer sederhana, udara yang tersimpan didalamnya tidak dapat keluar ataupun masuk, sehingga jumlah udara yang berada di dalam respirometer tersebut semakin sedikit. Karena pada ujung respirometer diberikan air berwarna merah, sehingga air berwarna merah tersebut terseret mendekat akibat dari bertambah sedikitnya jumlah udara yang ada di respirometer tersebut
b.      Kesimpulan      :           KOH / NaOH berfungsi sebagai peningkat suhu agar respirasi terpicu menjadi cepat. Selain itu KOH juga berfungsi sebagai pengikat CO2.
Respirasi dipengaruhi oleh massa tubuh, suhu dan jenis hewan.
c.      Jawaban Pertanyaan :
1.       Guna Kapur sirih pada percobaan respirasi memerlukan oksigen adalah untuk  mengikat CO2, sehingga pergerakan dari eosin benar-benar hanya disebabkan oleh konsumsi oksigen dan kapas sebagai untuk membungkus NaOH dan sebagai indikator adanya H2O sebagai hasil dari proses respirasi
2.       Semakin lama pergerakan semakin melambat , karena untuk mengetahui seberapa cepat oksigen berkurang dalam tabung yang berisi NaOH dan serangga.
 
 
UJI KARBOHIDRAT
a.      Tujuan                    :           Mengidentifikasi bahan makanan yang mengandung karbohidrat
b.      Alat & Bahan         :           1. Piring plastic 1 buah
2.Pipet 1 buah
3. Pisang 1 iris kecil
4. Apel 1 iris kecil
5.Nasi 2-3 butir
6.Telur rebus
7.Tahu putih
8.Margarin
9.Biskuit
10. Tepung terigu
11. Gula Pasir
12. Kentang
13. kalium iodida 0,1 M 10 ml ( Lugol)
c.      Teori Dasar             :   Karbohidrat merupakan polihidroksi aldehida atau keton, atau senyawa yang menghasilkan senyawa ini bila dihidrolisa. Secara umum terdapat tiga macam karbohidrat berdasarkan hasil hidrolisisnya, yaitu monosakarida, oligosakarida, dan polisakarida. Oligosakarida adalah rantai pendek unit monosakarida yang terdiri dari 2 sampai 10 unit monosakarida yang digabung bersama-sama oleh ikatan kovalen dan biasanya bersifat larut dalam air. Polisakarida adalah polimer monosakarida yang terdiri dari ratusan atau ribuan monosakarida yang dihubungkan dengan ikatan 1,4-a-glikosida (a=alfa)
Didalam dunia hayati, kita dapat mengenal berbagai jenis karbohidrat, baik yang berfunsi sebagai pembangun struktur maupun yang berperan funsional dalam proses metabolisme. Berbagai uji telah dikembangkan untuk analisis kualitatif maupun kuantitatif terhadap keberadaan karbohidrat, mulai dari yang membedakan jenis-jenis karbohidrat dari yang lain sampai pada yang mampu membedakan jenis-jenis karbohidrat secara spesifik. Uji reaksi tersebut meliputi uji Molisch, Barfoed, Benedict, Selliwanof dan uji Iod.
Kedudukan karbohidrat sangatlah penting pada manusia dan hewan tingkat tinggi lainnya, yaitu sebagai sumber kalori. Karbohidrat juga mempunyai fungsi biologi lainnya yang tak kalah penting bagi beberapa makhluk hidup tingkat rendah, ragi misalnya, mengubah karbohidrat (glukosa) menjadi alkohol dan karbon dioksida untuk menghasilkan energi
C6H12O6 ——> 2C2H5OH + 2CO2 + energi
d.      Cara Kerja :1. Semua makanan disusun dan diberi nama bahan-bahan makanan yang akan diuji diatas
                         piring plastik  
                  2.  Tetesi satu per satu bahan makanan dengan dua sampai tiga tetes larutan yodium dalam
                         Kl/Lugol . Memperhatikan dan mencatat perubahan warna pada bagian makanan yang
                         ditetesi larutan lugol.Mencatat bahan makanan yang berubah warna  menjadi ungu – biru
                         setelah ditetesi larutan lugol
3.  Mencatat semua bahan makanan yang mengandung zat-zat  amilum
a.      Data Pengamatan            :
No
Bahan Makanan
Warna
Ket
Sebelum diberi Yodium ( Lugol)
Sesudah diberi Yodium ( Lugol )
1
Pisang
Kuning
Biru
Positif (+)
2
Apel
Kuning
Kuning
Negatif (-)
3
Nasi
Putih
Ungu
Positif (+)
4
Putih Telur Rebus
Putih
Putih
Negatif (-)
5
Tahu putih
Putih
Biru
Positif (+)
6
Margarin
Kuning
Kuning
Negatif (-)
7
Biskuit
Coklat
Ungu
Positif (+)
8
Tepung Terigu
Putih
Hitam
Positif (+)
9
Gula Pasir
Putih
Coklat
Negatif (-)
10
Kentang
Kuning
Hitam
Positif (+)
b.      Pembahasan dan Analisa             :  Pada uji iod, terlihat hanya pati lah yang menunjukkan reaksi positif bila direaksikan dengan iodium. Hal ini disebabkan karena dalam larutan pati, terdapat unit-unit glukosa yang membentuk rantai heliks karena adanya ikatan dengan konfigurasi pada tiap unit glukosanya. Bentuk ini menyebabkan pati dapat membentuk kompleks dengan molekul iodium yang dapat masuk ke dalam spiralnya, sehingga menyebabkan warna biru tua,cenderung ungu dan kehitaman  pada kompleks tersebut.
c.      Kesimpulan            :           Pada uji iod, hanya pati lah yang dapat membentuk senyawa kompleks berwarna biru , ungu, hitam dengan iodium jadi bahan yang mengandung karbohidrat adalah Pisang, Nasi,Tahu putih, Biskuit,Tepung terigu, kentang.
d.      Jawaban Pertanyaan       :
1.       Nasi , tepung terigu, kentang dan gula pasir, setelah diberi larutan yodium , semuanya tidak menunjukkan warna biru ungu, karena terjadi proses hidrdolisis sempurna amilum menjadi glukosa. Hal ini ditunjukkan dengan uji yod negatif, karena glukosa jika diuji dengan pereaksi Yod akan memberikan hasil negatif. Semua bahan tersebut termasuk golongan karbohidrat , karena Karbohidrat kompleks mengalami hidrolisis menjadi oligosakarida, disakarida dan kemudian monosakarida. Hal ini dapat diuji dengan menggunakan uji Yod .
2.       Ada bahan yang berwarna ungu biru dan ada pula yang tidak setelah ditetesi larutan lugol karena mempunyai sifat dapat mereduksi terutama dalam suasan basa. Sifat sebagai reduktor ini dapat digunakan untuk keperluan identifikasi karbohidrat maupun analisis kuantitatif. Sifat mereduksi ini disebabkan oleh adanya gugus aldehida atau keton bebas dalam molekul karbohidrat. Sifat ini tampak pada reaksi reduksi ion-ion logam misalnya ion Cu 2+ dan ion Ag+ yang terdapat pada pereaksi-pereaksi tertentu.
3.       Bahan makanan yang mengadung karbohidrat adalah Pisang, Nasi,Tahu putih, Biskuit, Tepungterigu, Kentang.
4.       Dari hasil praktikum di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak cara untuk mengidentifikasi karbohidrat yang dapat dilakukan selain dengan sifat fisik juga melalui sifat kimianya.
UJI LEMAK
a.      Tujuan              :           Mengidentifikasi bahan-bahan makanan yang mengandung lemak
b.      Alat & Bahan   :           1. Piring plastic 1 buah
2. kertas coklat sampul buku ukuran 10 X 10 cm 12 Lbr
3. Lilin 1 buah
4. Kemiri 2 butir
5. Margarin 1 sendok kecil
6. Wortel 1 buah
7. Seledri 1 tangkai
8. Biji Jagung kering 1 genggam
9. Singkong kering 1 iris
10. Kacang tanah yang dikupas kering 3-5 butir
11. Pepaya 1 potong kecil
12. Santan 1-3 sendok teh
13. Minyak goreng 5 ml
14. Susu 1-3 sendok the
15. Air 5 ml
c.      Teori Dasar                   :   Tubuh manusia membutuhkan zat makanan dalam jumlah yang berbeda. Ada yang dibutuhkan dalam jumlah banyak (makronutrien), yaitu karbohidrat; protein; dan lemak, ada pula yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit, yaitu mineral dan vitamin.
d.      Cara Kerja       :    1. Menggunting dua buah kertas coklat sampul buku dengan ukuran 10 x 10  cm2
      2. Meneteskan minyak  diatas kertas coklat yang lainnya.
                                                      3. Kedua kertas tersebut didiamkan selama 10 menit
                                                      4. Mengambil 10 Kertas yang sama, lalu diberi nama masing-
 masing bahan 1)kemiri,  2) margarine,3)seledri,4)wortel,5)Biji  jagung,6)singkong kering,7)kacang tanah kering,8)Pepaya,9)Santan,10)susu
                              5. Kemiri diusap-usap diatas kertas coklat, diamkan selama 10 menit
                              6. Margarin dioleskan diatas kertas coklat
                              7. 10 kertas coklat yang telah diberi nama  bahan tersebut di oleskan atau diusap-
                                    usap sesuai dengan label pada kertas.
                              8. Kesemua kertas coklat didiamkan selama 10 menit, setelah mengering periksa
                                    semua nya menghadap cahaya , mengamati kertas mana yang meninggalkan
                                    bekas.
 
a.      Data Pengamatan      :
No
Bahan Yang di Uji
Meninggalkan bekas Noda Minyak
Ket
Ya
Tidak
1
Kemiri
Ya
-
Positif (+)
2
Margarin
Ya
-
Positif (+)
3
Wortel
-
Tidak
Negatif (-)
4
Seledri
-
Tidak
Negatif (-)
5
Biji Jagung
-
Tidak
Negatif (-)
6
Singkong Kering
-
Tidak
Negatif (-)
7
Kacang tanah
Ya
-
Positif (+)
8
Pepaya
-
Tidak
Negatif (-)
9
Santan
Ya
-
Positif (+)
10
Minyak goreng
Ya
-
Positif (+)
11
Susu
-
Tidak
Negatif (-)
b.      Pembahasan dan Analisa       :  Lemak tersusun atas unsur-unsur C, H, dan O yang merupakan senyawa majemuk. Lemak terdiri atas asam lemak dan gliserol. Pada satu molekul lemak terdapat satu molekul gliserol dan tiga buah molekul asam lemak.
Sumber lemak dibagi menjadi dua macam, yaitu hewani dan nabati. Lemak tidak dapat larut dalam air tetapi larut dalam eter, benzene, dan kloroform. Lemak terdiri atas 2 komponen, yaitu asam lemak dan gliserol. Setiap 3 molekul asam lemak berikatan dengan molekul gliserol membentuk trigliserida. Asam lemak yang dibuat oleh tubuh disebut asam lemak nonesensial, sedangkan asam lemak yang diperoleh dari makanan disebut asam lemak esensial.
 Lemak dicerna oleh gliserol dan asam lemak. Gliserol diangkut oleh pembuluh darah .Asam lemak diangkut oleh pembuluh darah dan disimpan dijaringan diproses sebagai cadangan energi
Adapun fungsi lemak sebagai berikut :
1. Sebagai penghasil energi ( 1 gram = 9,3 kalori )
2. Pembangun bagian-bagian sel tertentu
3. Pelarut beberapa vitamin, yaitu vitamin A, D, E, dan K
4. Sebagai pelindung tubuh dari suhu rendah
c.      Kesimpulan            :   warna kertas tampak buram atau jadi transparan , berarti bahan makanan tersebut mengadung lemak, bahan makanan yang mengandung lemak adalah Kemiri, margarine,kacang tanah,santan, minyak goreng.
           
d.      Jawaban Pertanyaan       :
1.       Tangan terasa lenget atau berminyak setelah mengusap bekas tetesan kemiri, untuk bekas seledri dan pepaya tangan tidak terasa lengket
2.       Ketika dihadapkan kecahaya bekas tetesan tersebut terlihat transparan
3.       Bahan Makanan yang mengandung lemak yaitu kemiri,margarine, kacang 
 
UJI PROTEIN
a.      Tujuan                    :           Mengidentifikasi bahan-bahan makanan yang mengandung Protein
b.      Alat & Bahan         :           1. Piring plastic 1 buah
2. Pipet 2 buah
3. Lilin 1 buah
4. Piring Kecil
5. Cangkir plastic 1 buah
6. sendok makan 1 buah
7. korek api
8. Jepitan jemuran 1 buah
9.  Kertas label
10. air kapur 10 ml
11. Air 10 ml
12. Gula pasir 1 sendok teh
13. Putih telur yang di rebus 1 iris
14. Roti, tempe, daging ayam, masing –masing 1 iris
15. tepung terigu 1 sendok makan
16.Bulu ayam, seledri, kangkung, masing-masing 1 helai
17. Tembaga sulfat 2 sendok makan
c.      Teori Dasar             :   Tubuh manusia membutuhkan zat makanan dalam jumlah yang berbeda. Ada yang dibutuhkan dalam jumlah banyak (makronutrien), yaitu karbohidrat; protein; dan lemak, ada pula yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit, yaitu mineral dan vitamin.
d.      Cara Kerja       :    1. Menyalakan lilin dan diletakkan diatas piring kecil, Bulu ayam dijepit dengan jepitan jemuran, lalu di bakar  diatas lilin, bulu ayam yang terbakar sebagai kontrol
      2. Selanjutnya menjepit seledri,kangkung,putih telur,roti,tempe dan daging ayam
         untuk di bakar , diantara bau tersebut tempe dan telor rebus  berbau sama  
         dengan   bulu ayam yang di bakar
                                             3. Siapkan piring plastik kecil lalu tempatkan gula pasir, roti, tempe,daging ayam
                                                 dan tepung terigu ke dalam piring plastik.
1. Masing-masing bahan makan tersebut dicampur dengan air kapur sirih dengan
    menggunakan pipet kapur sirih, lalu dengan menggunakan pipet tembaga   
    sulfat di campurkan juga kedalam bahan makanan tersebut yang sebelumnya
    sudah dicampur dengan air kapur sirih.
2. Masing-masing bahan dicampur 2 tetes dari kapur sirih dan dilanjutkan dengan
    2 tetes tembaga sulfat.
tanah,santan,minyak goreng.
a.      Data Pengamatan            :
No
Bahan Yang di Uji
Mengandung Protein
Ket
Ya
Tidak
1
Gula Pasir
-
Tidak
Biru
2
Putih Telur rebus
Ya
-
ungu
3
Roti
Ya
-
Ungu
4
Tempe
Ya
-
Ungu Muda
5
Daging ayam
Ya
-
Ungu
6
Tepung Terigu
-
Tidak
Biru
b.      Pembahasan dan Analisa             :   Protein merupakan senyawa majemuk yang terdiri atas unsure-unsur C, H, O, N, dan kadang-kadang terdapat unsure P dan S. Molekul protein tersusun dari sejumlah asam amino sebagai bahan dari dasar.
Sifat-sifat suatu protein ditentukan oleh :
1. Macam asam amino yang terdapat dalam molekul protein
2. Jumlah tiap macam asam amino
3. Susunan asam amino dalam molekul protein
Ada beberapa asam amino yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh kita, sehingga harus didapat dari makanan kita sehari-hari. Asam amino tersebut disebut asam amino esensial yang berjumlah 8, yaitu : lisineleusin, isoleusin, treonin, metionin, valin, fenilalanin, dan triptofan.
Protein dicerna secara kimia menjadi asam-asam amino yang kemudian diserap pada dinding-dinding halus. Asam-asam amino tersebut masuk ke pembuluh darah dan diangkut menuju ke sel-sel tubuh.
Adapun fungsi protein, yaitu :
1. Penghasil energi ( 1 gram = 4,1 kalori )
2. Pembangun jaringan-jaringan baru dan mengganti yang rusak
3. Pembuat enzim dan hormone
4. Penjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh
5. Pembentuk antibodi
c.      Kesimpulan            :  Bahan makanan yang mengandung protein jika ditetesi dengan larutan tembaga sulfat akan berubah wana menjadi ungu, bahan makanan yang mengandung protein adalah putih telur rebus, roti,tempe ,daging ayam.
           
d.      Jawaban Pertanyaan       :
1.       Semua bahan yang diujikan tidak berwarna sama
2.       Putih Telur rebus, Tempe, Daging ayam semuanya berwarba ungu hanya saja temped an puti telur rebus lebih tua ungunya, ketiganya sama-sama mengandung protein, hanya saja kadar tingginya pretein yang terkandung berbeda.
3.       Makanan yang mengandung sumber protein, Putih telur rebus, tempe, daging ayam, roti.

Post a Comment

 
Top