Saturday 18 January 2014

Mencari KPK dan FPB dengan Nyanyian

catatan pak guru

assalamu'alaikum ...

Para pembaca blog Belajar Asyik setelah kita tuliskan cara mencari KPK dan FPB, kita akan coba sajikan cara mencari KPK dan FPB lewat nyanyian (mengingat KPK dan FPB). Tulisan ini bersumber dari Indonesia Mengajar, silakan disimak:

ABSTRAK

Langkah-langkah mengitung KPK dan FPB yang dibuat dalam bentuk nyanyian/lagu, sehingga siswa dapat dengan mudah mengingat urutan langkah menghitung KPK maupun FPB.

LATAR BELAKANG

Salah satu cara menghitung KPK dan FPB adalah menggunakan faktorisasi prima. Siswa, juga beberapa guru seringkali tertukar menentukan faktor prima mana yang dipakai untuk menghitung KPK dan faktor prima mana yang dipakai untuk menghitung FPB. Nyanyian dibuat sesuai dengan langkah pengerjaan sehingga diharapkan siswa tidak lagi kebingungan saat harus menghitung KPK dan FPB.

LAGU KPK DAN FPB

Menghitung KPK

(Lirik lagu seperti lagu “Balonku”)
Aku suka KPK
Mari hitung faktornya
Ambil semua faktor, yang sama dan yang tidak
Jika faktornya sama, ambil pangkat terbesar
Kalikan semua faktor, lalu dapat KPK!


Menghitung FPB

(Lirik lagu “Becak”)
Ayo kawan bersama, mari hitung FPB
Ayo hitung faktornya, pelan tak usah buru-buru
Ambil faktor yang sama dengan pangkat terendah
Kalikan, semua! Aku dapat FPB!

Kalender Pendidikan tahun 2013-2014

catatan pak guru

.
kalender pendidikan sd tahun 2013-2014
Assalamu'alaikum..para pembaca Belajar Asyik..

Pembaca Belajar asyik, disini saya coba posting kalender pendidikan yang sangat dibutuhkan oleh guru-guru untuk membuat rencana pembelajarannya, silakan disimak:

Tahun ajaran baru tahun 2013/2014 sudah mulai, tentu sebagai orang yang aktif di dunia pendidikan kita memerlukan kalender pendidikan tahun 2013/2014 untuk bisa menyusun jadwal pembelajaran kita.
Dengan adanya kalender ini kita bisa mendapat acuan untuk bisa menentukan Prota dan Promes sebagai kelengkapan administrasi kelas kita sebagai pendidik, ataupun berguna juga untuk dapat menentukan kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

download kalender pendidikan 2013/2014

Thursday 16 January 2014

KISI-KISI UJIAN NASIONAL (UN) IPA SD 2014

catatan pak guru
Assalamu'alaikum pembaca Belajar Asyik

kisi-kisi US IPA SD 2014
Wah, judulnya mantap yach..!!Kok bisa-bisanya mengeluarkan judul seperti itu, UN saja masih belum jelas ada atau tidaknya. Tapi di tengah kesimpangsiuran tersebut kita tetap harus mempersiapkan diri. Karena sampai saat ini kisi-kisi UN belum dikeluarkan oleh BNSP, oleh karena itu tidak ada salahnya kita untuk mempersiapkan diri dengan belajar sesuai kisi-kisi UN tahun lalu. Semangat....!! Ini dia kisi-kisinya:

KISI-KISI UJIAN NASIONAL (UN) IPA SD 2013
Written By : http://catatan-ngajar.blogspot.com. on Senin, 25 Februari 2013 | 12:44
Kisi-kisi UN IPA Tahun 2012/2013. Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) IPA di SD/MI merupakan standar minimum yang secara nasional harus dicapai oleh peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru. Untuk SK dan KD Ujian Nasional Tahun 2012/2013 Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merilis kisi-kisi soal Ujian Nasional 2013. Berikut ini kisi-kisi Ujian Nasional mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam :

Kompetensi
Indikator
1.
Memahami ciri-ciri dan
penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya
1.       Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/ ciri khusus tumbuhan tertentu
2.       Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
3.       Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia/lingkungan.
4.       Siswa dapat menjelaskan tujuan pelestarian hewan/tumbuhan
2.
Memahami perkembangbiakan
hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan
5.       Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya.
6.       Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan

3.
Memahami saling ketergantungan antarmakhluk hidup
7.       Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
8.      Siswa dapat menentukan rantai makanan/peran makhluk hidup dalam komunitas/ekosistem tertentu.
9.       Siswa dapat menentukan peran/manfaat tumbuhan bagi
makhluk hidup di sekitarnya 
4.
Memahami penyesuaian diri pada makhluk hidup serta peranan manusia dalam keseimbangan lingkungan
10.   Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
11.    Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu
5.
Memahami bagian tubuh manusia, tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat
12.    Siswa dapat menjelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan.
13.    Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk
14.    Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan.
15.    Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
16.    Siswa dapat menentukan aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
17.    Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar
18.   Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh manusia
19.    Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan  fisik pada manusia.
6.
Memahami sifat penyusun benda, perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari
21.    Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi.
22.   Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu.
23.   Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut.
24.   Siswa dapat menjelaskan perpindahan kalor yang terjadi  pada suatu kegiatan/peristiwa
7.
Memahami hubungan antara gaya, gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
25.   Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
26.   Disajikan pernyataan/gambar, siswa dapat mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk/arah suatu benda
27.   Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan.
28.   Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut
29.   Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
30.   Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi
31.    Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari.
32.   Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/padam jika salah satu saklar diputus/disambung

8.
Mendeskripsikan berbagai jenis sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan.
33.   Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
34.   Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber daya alam
35.   Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
36.   Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
9.
Memahami sistem tata surya bagi kehidupan.
37.   Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
38.   Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi
39.   Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan.
40.   Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi/tahun hijriah.

Alat Indera Manusia dan Fungsinya (Materi UN SD/MI 2013)

catatan pak guru

Alat Indera Manusia dan Fungsinya (Materi UN SD/MI 2013)


Indikator : Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk

Manusia dapat mengetahui keadaan luar melalui alat indera. Manusia mempunyai alat indera berupa indera penglihat (mata), indera pendengar (telinga), indera pembau (hidung), indera pengecap (lidah), dan  indera peraba (kulit)



Indera Penglihat

mata
Mata terdiri dari atas alat tambahan mata, otot bola mata, dan syaraf mata. Alat tambahan mata berupa alis dan bulu mata. Alis, kelopak mata, dan bulu mata melindungi mata dari gangguan lingkungan. Misal melindungi mata dari keringat, debu,  kotoran, dan melindungi mata dari cahaya yang kuat. Kelenjar mata menghasilkan air mata yang berguna untuk membasahi kornea mata dan sebagai pelumas agar bola mata mudah digerakkan.



Fungsi bagian-bagian mata adalah sebagai berikut :

  1. Kornea berfungsi menerima rangsang cahaya dan meneruskannya ke bagian yang lebih dalam;
  2. Lensa mata berfungsi meneruskan dan  memfokuskan cahaya agar bayangan benda jatuh ke retina;
  3. Iris berfungsi mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk ke mata;
  4. Pupil berfungsi sebagai saluran masuknya cahaya;
  5. Retina berfungsi membentuk bayangan benda dan kemudian dikirim oleh saraf mata ke otak;
  6. Otot mata berfungsi mengatur gerakan bola mata;
  7. Saraf mata berfungsi meneruskan rangsang cahaya melalui retina ke otak.   

Indera Pendengar

telinga
Fungsi bagian indera pendengar adalah sebagai berikut :


  1. Daun telinga, lubang telinga, dan liang pendengaran berfungsi menangkap dan mengumpulkan gelombang bunyi;
  2. Gendang telinga berfungsi menerima rangsang bunyi (timbul getaran pada gendang telinga) dan meneruskanya ke bagian yang lebih dalam;
  3. Tiga tulang pendengaran (tulang martil, landasan, dan sanggurdi) berfungsi mempekuat getaran dan meneruskanya ke koklea;
  4. Tingkap jorong, tingkap bundar, tiga saluran setebgah lingkaran, dan koklea berfungsi mengubah impuls dan diteruskan ke otak. Tiga saluran setengah lingkaran juga berfungsi mengendalikan keseimbangan tubuh;
  5. Saluran eustachius berfungsi menghubungkan rongga mulut dengan telinga tengah.    
Indera Pembau
hidung






















Fungsi bagian-bagian indera pembau sebagai berikut :

  1. Lubang hidung sebagai tempat pertama kali udara masuk ke dalam tubuh manusa;
  2. Rongga hidung berfungsi sebagai saluran tempat masuk dan keluarnya udara pernapasan. Dalam rongga hidung terdapat rambut hidung yang berfungsi menahan kotoran yang masuk bersama udara pernapasan. Selaput lendir terdapat di rongga hidung bagian atas. Bagian inilah yang peka terhadap bau;
  3. Serabut saraf berfungsi mendeteksi zat kimia yang ada dalam udara pernapasan.

Indera Pengecap




lidah
Permukaan lidah bersifat kasar karena memiliki tonjolan yang disebut papila. Di dalam papila terdapat banyak tunas pengecap. Setiap tunas pengecap peka terhadap jenis rasa tertentu. Bagian-bagian lidah yang peka tehadap rasa dapat dilihat pada gambar di samping. Bagian lidah yang peka terhadap rasa manis berada di ujung lidah, bagian yang peka terhadap rasa pahit berada di lidah bagian dalam. Bagian lidah yang peka terhadap rasa asin dan asam berada di lidah bagian tepi. 



Indera Peraba

kulit
Indera peraba manusia terletak pada kulit, manusia dapat merasakan sentuhan, tekanan, kasar, halus, rasa sakit, panas, dan dingin. Indera peraba yang paling peka terletak pada ujung jari, telapak tangan, bibir, dan alat kelamin.



Fungsi bagian-bagian indera peraba adalah sebagai berikut :


  1. Kulit ari berfungsi mencegah masuknya bibit penyakit dan mencegah penguapan air dari dalam tubuh;
  2. Kelenjar keringan berfungsi menghasilkan keringat;
  3. Lapisan lemak berfungsi menghangatkan tubuh;
  4. Otot penggerak rambut berfungsi mengatur gerakan rambut;
  5. Pembuluh daraf berfungsi mengalirkan darah yang berisi oksigen atau karbondioksidaserta sari makanan.     

Belajar Asyik Rangka Manusia

catatan pak guru

Belajar Asyik Rangka Manusia

Abstraksi

rangka manusia

Memahami fungsi rangka serta bagian-bagian dari sistem rangka merupakan salah satu materi yang sulit dihapal oleh siswa  kelas 4. Oleh sebab itu metode permainan dengan cara menyusun rangka manusia menjadi satu kesatuan (seperti menyusun puzzle) menjadi salah satu cara menghapal bagian-bagian rangka yang efektif dan menyenangkan. Pembelajaran ini dilaksanakan dalam waktu 2 x 35 menit.


Dua Orang Siswa Melengkapi Susunan Tulang

Latar Belakang

Metode ini dilaksanakan di kelas 4 SDN 06 Teluk Aur, Kapuas Hulu yang terdiri dari 21 siswa dengan ukuran ruang kelas cukup lebar. Dalam pelaksanaannya siswa dibagi menjadi 5 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4-5 orang. Metode yang digunakan adalah permainan agar siswa dapat menikmati proses menghapal.

Teori/Penjelasan Materi

Manusia dapat berdiri tegak dan memiliki bentuk yang berbeda-beda karena ada bagian tubuh yang menegakkannya. Bagian tersebut disebut tulang. Tanpa adanya tulang, maka tubuh manusia hanya berupa segumpal daging yang tidak memiliki bentuk. Tulang-tulang yang menyususn tubuh manusia saling berhubungan satu sama lain dan membentuk sisten yang disebut sistem rangka. Tulang pada tubuh manusia terdiri dari 206 ruas tulang.

Metode

Metode yang digunakan adalah metode permainan dengan cara menyusun potongan tulang (yang telah diacak seperti puzzle) menjadi satu kesatuan utuh sistem rangka manusia beserta nama-nama tulang penyususnnya.

Langkah Pertama

  1. Menyiapkan kertas tipis, lidi,selotip/lem dan benang untuk apersepsi (kertas sebagai daging, lidi sebagai tulang,benang sebagai sendi).
  2. Menyiapkan kertas karton yang telah digambari rangka tubuh manusia meliputi tulang tengkorak,anggota gerak atas dan bawah, anggota (pembentuk) tubuh .

Langkah Kedua

  1. Sebagai apersepsi setiap anak diberi kertas tipis dan dipersilahkan untuk menggambar manusia lengkap dari kepala sampai kaki.
  2. Kertas bergambar manusia tersebut dipotong dan ditegakkan di atas meja. Hasilnya , anak-anak tidak dapat menegakkan gambar manusia tersebut diatas meja.
  3. Siswa dipersilakan membuat ‘rangka’ dari lidi dan benang yang telah disediakan dan melekatkan gambar manusia pada lidi tersebut. Hasilnya, gambar manusia dapat berdiri tegak diatas meja.
  4. Dengan demikian siswa diharapkan dapat menarik kesimpulan tentang fungsi rangka.

Langkah Ketiga

  1. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok.
  2. Tiap kelompok dipersilakan mempelajari gambar sistem rangka manusia.
  3. Tiap kelompok bertugas menyusun potongan-potongan gambar bagian rangka yang telah diberikan ( Tulang tengkorak, tulang belakang, anggota gerak atas, anggota gerak bawah,tulang rusuk) sekaligus memberi nama tulang-tulang tersebut.
  4. Kelompok yang telah menyelesaikan puzzle dapat menempelkannya di papan tulis.

Langkah Keempat

Jika semua kelompok telah selesai menempelkan puzzle nya di papan tulis, maka salah seorang anggota kelompok ditunjuk sebagai juru bicara. Kemudian dilaksanakan metode shopping (berkeliling ke semua kelompok) di sebuah bangku untuk mengetahui hasil puzzle kelompok lain.

Langkah Kelima

Evaluasi dilakukan dengan cara tiap kelompok memberikan tebak-tebakan nama tulang pada kelompok lain.