Friday 9 March 2012

SOFTWARE WAJIB UNTUK EDITING TEMPLATE BLOG

malam minggu ini 11/02/2012 pengen berbagi tips blog tentang software yang diperlukan untuk blogger pemula maupun lanjut. to the point :
1. Mw Snap
download-mw-snap
aku sendiri sudah 1tahun lebih menggunakan aplikasi ini untuk mengelola template blogger ihsansaidi.blogspot.com .MWSnap sangat mudah digunakan disamping program file nya yang kecil yaitu hanya 650kb, namun kuat untuk mengambil menangkap layar desktop, jendela yang aktif, menu, atau bagian tertentu dari layar. Program ini mendukung BMP, JPG, TIFF, PNG dan GIF format, dengan kedalaman warna yang dipilih pengguna dan pengaturan kualitas. ada juga alat zoom, layar dan pemetik warna serta sistem hotkeys lebar dan ukuran pilihan preset.
berikut tampilan beberapa program andalan aku ini :
a. rule
rol
lumanyan buat ngukur ukuran web yang ingin kita tampilkan. misalkan saja kita ingin tahu berapa lebar dan tinggi dari situ id.yahoo.com. maka ini dia tool tepatnya .

b. pick color
pickcolorpickcolor2
memang photoshop bisa ngepick color, tapi butuh waktu berapa lama buat komputer sobat membuka photoshop dulu kemudian print screen + paste baru bisa kita pick color'nya .. kecepatan program ini lebih unggul tentunya.
c. crop any area
any area
begitu jg dengan fitur crop any area ini. cepat dan tepat untuk mengcrop gambar dan ukuran yang kita inginkan.
sobat ingin mencoba nya? silahkan download disini --->
MW Snap
2. Paint.Net
untuk paint.net memang dibutuhkan .net framework terlebih dahulu sebelum diinstall. tau ga apa saja kelebihan paint.Net ini.,
a. save as .gif
bisa menyimpan gambar dalam bentuk .gif yang tentunya bisa kita perkecil ukurannya sampai dengan 1/4 tanpa mengurangi kualitas dari gambarnya sendiri . ini dibutuhkan dalam mempercepat load sumber gambar untuk web kita apakah itu yang tersimpan di photobucket maupun picasa web album sendiri. dan windows live writer sendiri akan menggunakan software ini untuk mengkompress filenya jika software ini sudah terinstall di laptop sobat
b. effect
memiliki beberapa effect yang sangat mudah digunakan dan tidak dimiliki kemudahannya oleh photoshop diantaranya PHOTO>GLOW dan SHARPEN.
untuk linknya sendiri sobat bisa gooling, namun bila belum dapat juga boleh minta lewat komentar aja .
3. Microsoft Picture Manager
Komputer sobat tentunya sudah memiliki software ini jika sudah memiliki microsoft word. beberapa kehandalan software ini adalah :
a. Auto correct
auto correct picture manager
auto correct sangat dibutuhkan ketika gambar kita yang sudah dikompress sehingga ketajaman gambar juga menurun, nahh dengan auto correct ini warna gambar sobat akan diperbaiki tanpa harus menambah file size gambar tersebut. Hebat bukaaannn .hehe
b. compress  picture setting
auto correct picture manager3
jika tidak mau dipusingkan dengan berapa ukuran yang harus dikompress di software lain, sobat tinggal buka microsoft picture manager dan pilih web page untuk file yang ingin sobat tampilkan di web. file ini tentunya memiliki file size yang kecil dan gambar yang berkualitas.
4. Windows Live Writer
Blogger mana sich yang belum tau software satu ini . Aplikasi editor ini dikembangkan oleh microsoft dan memiliki banyak kesamaan seperti aplikasi office yang familiar buat anda sehingga sangat memudahkan untuk beradaptasi dan menggunakan editor ini dengan cepat. Fiturnya antara lain :
a. multiple blog account,
b. kompatibilitas dengan beberapa platform blog,
c. rich text formatting,
d. draft saving dan kategorisasi posting,
e. memasukkan gambar dan tag,
f. spell checking,
g. ping search engine otomatis dan
h. sinkronisasi perubahan draft pada editor dengan blog.
Fitur faforit aku dalam mengedit template adalah TABLE . dengan ini anda tidak dipusingkan sistem pengkodean css dalam membuat table.ada lagi yaitu  PLUGIN SHARPER, dan INSERT A SMILEY.Wave
Fitur lebihnya antara lain adalah fitur seperti memasukkan peta dan video dan halaman preview sebelum posting. Kelebihan lainnnya adalah mendukung 28 bahasa lain selain bahasa inggris. dan banyak lagi kelebihannya karena pluginnya juga banyak Winking
sobat ingin mencoba nya? silahkan download disini --->
Windows Live Writer
eittss.,, tunggu dulu . ada bonusnya nich ..
5. Picasa
sobat malas buka webpage hosting cuma buat dapat url gambar karena internetnya sedikit lamban? ini solusinya! install picasa di komputer sobat dan tinggan klik
a. Upload to web album picasa
Login ke akun Blogger sobat dan secara default untuk pertama kali sobat akan dibuatkan folder Drob Box . akan tetapi jika sudah memiliki album di web album sobat bisa pilih di propertiesnya seperti gambar berikut :
picasa2
dan setelah prosses upload selesai  . . sobat akan diberikan link gambarnya klik kanan pilih [view image] copykan URL nya .selesai dech.
b. Blog This
kucing
menulis artikel lansung di halaman Picasa Blog This! sangat mudah dan cepat, setelah pilih gambar yang diinginkan, tambahkan artikel, title, dan [post] ing deach .
capex jg yya bkin tutorial gini., padahal cuma 4 point Whewwheeewww …
semoga bermanfaat buat kawan blogger pemula maupun lanjut .
disalin dari:http://ihsansaidi.blogspot.com/2012/02/4-software-wajib-buat-editing-template.html

catatan pak guru

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

4 komentar:

  1. wah bagus nih...pengin coba tapi saya ga ada basic IT alias Gaptek jadi mumet sendiri

    ReplyDelete
  2. wah..kayaknya nasib kita sama mas sus..tdk ada basic IT..tapi saya ngajar di SDIT he..he..

    ReplyDelete
  3. ane coba ya gan,,,
    kalo ada waktu berkunjung di blog ane ya

    http://13generasi.blogsot.com

    ReplyDelete
  4. Ini lo rahasianya
    Makasih mas bero informasinya

    ReplyDelete