Sunday 17 June 2012

IPA SD KLAS 3: PENGGOLONGAN TUMBUHAN

Tumbuhan dapat digolongkan berdasarkan tempat hidup, jenis daun, jenis batang, dan jenis akarnya.

1. Penggolongan Tumbuhan

Berdasarkan Tempat Hidupnya Seperti hewan, tumbuhan pun digolongkan berdasarkan tempat hidupnya. Tempat hidup tumbuhan ada di darat dan ada pula di air. Amatilah tumbuhan yang ada di sekitarmu. Adakah pohon kelapa atau pohon pisang di dekat rumah atau sekolahmu? Di manakah tempat hidup pohon-pohon tersebut? Pohon kelapa dan pohon pisang tempat hidupnya di darat. Pada Gambar 2.6 terlihat tumbuhan anggrek yang hidup di darat. Contoh tumbuhan lain yang hidup di darat adalah mawar, melati, jagung, dan ketela. Namun, ada pula tumbuhan yang tempat hidupnya di air, seperti teratai, eceng gondok, dan kangkung. Bagaimana dengan tempat hidup padi, di darat ataukah di air? Diskusikanlah dengan temanmu.



2. Penggolongan Tumbuhan

Berdasarkan Bentuk Daunnya Hampir semua tumbuhan memiliki daun. Daun berguna sebagai tempat pembuatan makanan dan sebagai alat pernapasan tumbuhan. Bentuk daun bermacam-macam, yaitu
1. Bentuk daun oval, yaitu bagian tengah daun lebih lebar dibandingkan bagian atas dan
    bawahnya, misalnya daun mangga, rambutan, dan durian.
2. Bentuk daun jantung, yaitu bentuknya seperti jantung, misalnya daun eceng gondok dan daun sirih.
3. Bentuk daun menjari atau seperti jari, misalnya daun singkong dan daun pepaya.
4. Bentuk daun memanjang, yaitu helaian daun memiliki lebar yang sama misalnya pandan
    dan padi. Ayo perhatikanlah Gambar 2.8.




3. Penggolongan Tumbuhan

Berdasarkan Bentuk Batangnya Batang adalah bagian tumbuhan yang berguna sebagai penyalur makanan dari akar ke seluruh bagian tumbuhan. Selain itu, batang berfungsi untuk menegakkan tumbuhan di atas permukaan tanah. Tumbuhan yang tinggi, seperti pohon kelapa dan mangga, memiliki batang yang besar, tinggi, dan keras. Adapun tumbuhan yang pendek, biasanya, memiliki batang yang kecil, pendek, dan lunak. Ada pula tumbuhan yang memiliki batang menjalar di tanah, seperti semangka, mentimun, ubi jalar, dan rumput. Batang tumbuhan itu lunak dan ukurannya kecil. Ayo, perhatikanlah Gambar 2.9. Apa fungsi dari batang yang keras dan batang yang lunak itu? Diskusikan bersama guru dan temanmu.




4. Penggolongan Tumbuhan


Berdasarkan Jenis Akarnya Amatilah akar tumbuhan yang ada di lingkungan sekitarmu. Akar bagi tumbuhan sangat penting karena berfungsi untuk menyerap air dan makanan dari dalam tanah. Pada beberapa tumbuhan, seperti wortel dan ketela pohon, akar berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan. Ada dua jenis akar, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut tidak memiliki akar utama dan setiap bagian akar besarnya sama. Akar tunggang adalah akar utama yang berukuran besar dan memiliki akar cabang.
Tumbuhan yang memiliki akar serabut, misalnya tumbuhan padi, jagung, rumput, dan tebu. Tumbuhan yang memiliki akar tunggang, misalnya pohon mangga, jambu, dan durian. Akar memiliki fungsi yang sangat penting. Fungsi akar sebagai penyerap air dari dalam tanah. Hal itu membuat lingkungan terhindar dari banjir karena air yang jatuh ke bumi diserap dengan baik. Akar tumbuhan juga membuat keadaan tanah menjadi subur. Jika tidak ada tumbuhan, air sulit diserap oleh tanah sehingga bencana banjir tidak dapat dihindarkan dan masyarakat akan mengalami kerugian.
Ayo, Cari Tahu 2.2
Mengelompokkan Tumbuhan Berdasarkan Ciri-Ciri
Tujuan
Kamu dapat melakukan pengelompokan tumbuhan.
Langkah Kerja
Salin dan lengkapi tabel di bawah ini di buku latihanmu. Ayo amatilah
tumbuhan di sekitarmu sesuai dengan ciri yang ada pada tabel.
Jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Tumbuhan apa saja yang hidup di air?
2. Adakah tumbuhan yang memiliki bentuk daun oval? Ayo sebutkan.
3. Tumbuhan apa saja yang batangnya lunak?
Ayo, Berlatih 2.2
Kerjakanlah soal-soal berikut di buku latihanmu.
1. Berdasarkan batangnya, mengapa bayam dan kangkung dikelompokkan
    dalam satu kelompok?
2. Apakah perbedaan antara akar serabut dan akar tunggang?
Ayo, Pahami
• Penggolongan makhluk hidup dilakukan berdasarkan persamaan ciri
   yang dimiliki makhluk hidup.
• Penggolongan hewan dibedakan berdasarkan tempat hidup, cara
   gerak, jenis makanan, dan penutup tubuhnya.
• Penggolongan tumbuhan dilakukan berdasarkan tempat hidup,
   bentuk daun, bentuk batang, dan jenis akar.
Ayo, Pelajari Kembali
Apakah kamu sudah memahami materi tentang Penggolongan Makhluk
Hidup? Setelah mempelajarinya, apakah kamu menemukan kesulitan?
Jika ada, diskusikan bersama teman dan gurumu.Tumbuhan dapat digolongkan berdasarkan tempat hidup, jenis daun, jenis batang, dan jenis akarnya.


catatan pak guru

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

4 komentar:

  1. Mantaff Blognya pak Guru sangat keren , selamat ya atas terpilihnya blog CATATAN PAK GURU oleh Maskolis.. salam kenal dari saya (aa Solah)

    ReplyDelete
  2. oke mas aa..thanxs dah mampir di gubuk sederhana pak guru.slamat jg untuk aa ya..

    ReplyDelete
  3. salam kenal pak,
    mau tanya, materi utk semester 1 ini aja ya pak? ada kah yg lain? kok anak sy belajar ttg jumlah kaki binatang juga, pengelompokan hewan,dll.bisa dituliskan pak ,materi yg lain? tks byk....
    tulisan ini sangat membantu sy utk mengajarkan anak dirumah.

    ReplyDelete
  4. iya..trima kasih bu sonya,atas kunjungannya..mdh2an nti bisa di upload lagi, soalnya sambungan internet dirumah belum beres(nunggak)..maklum guru swasta..bukan guru negri yg dapet sertifikasi, yg gajinya sampe tujuh jeti..he.he..ni br dapet gratisan internet..

    ReplyDelete