Latar Belakang
Kondisi Kelas
Siswa kelas 5 baru sebagian yang paham dan hafal perkalian, selain itu gaya belajar siswa kelas V bervariasi (visual, auditori, kinestetik). Jumlah siswa kelas 5 sejumlah 11 orang.Latar belakang penggunaan metode
Metode belajar KPK ini menggunakan semua gaya belajar siswa (visual, auditori, kinestetik) melalui pngalaman belajar yang bermakna.Latar belakang penyampaian materi
Materi ini disampaikan sesuai dengan SKKD pelajaran matematika kelas V semester I.Penjelasan Materi
Kelompok Persekutuan Kecil adalah kelipatan terkecil dari dua bilangan atau lebih, atau dengan bahasa yang lebih sederhananya pertemuan pertama dua bilangan atau lebih yang dilipat-lipatkan.Misalnya berapa KPK 6 dan 4?
Kelipatan 4 = 4 8 12 16 20 24
Kelipatan 6 = 6 12 18 24 30 36
KPK 4 dan 6 adalah 12
Materi Pembelajaran
Kelompok Persekutuan KecilAlat dan Bahan
- Kertas warna merah dan kuning
- Spidol
- Selotip
- Gunting
- Batu
Metode
Games lompat kodokLangkah Pembelajaran
- Guru membuat angka dari 1-20 pada potongan kertas warna merah dan kuning.
- Kertas angka-angka tersebut ditempelkan pada lantai yang bertegel secara berurutan sehingga membentuk petakan angka. Kertas merah di sebelah kanan dan ketas kuning disebelah kiri.
- Guru membagi siswa menjadi 2 kelompok, kelompok merah dan kelompok kuning.
- Kelompok merah akan melewati petak-petak angka pada kertas merah, dan kelompok kuning akan melewati petak-petak angka pada kertas kuning.
- Siswa menjadi kodok-kodok yang harus melompati angka-angka tersebut. Setiap kodok mempunyai kemampuan melompat yang berbeda-beda. Ditunjukan dengan angka yang tertulis pada kertas yang di tempel di dada siswa.
- Perwakilan siswa kelompok merah dan kuning mulai melompat pada jalur masing-masing.
- Siswa yang melompat meninggalkan jejak pada petak yang diinjaknya dengan batu.
- Pertemuan pertama jejak (batu) kodok merah dan kuning adalah KPK
0 komentar:
Post a Comment