Monday 18 March 2013

Tembak-Tembakan Matematika Abstraksi

Tembak-tembakan matematika adalah salah satu modifikasi permainan yang bertujuan untuk mengasah kemampuan perhitungan siswa (perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan). Permainan ini adalah permainan kompetisi, di mana pada akhirnya akan diperoleh tim terbaik (juara). Selain itu permainan ini diharapkan dapat mengasah kemampuan siswa untuk bekerjasama dalam tim. Permainan ini tidak membutuhkan alat apapun.

Latar Belakang

Meskipun perhitungan dasar matematika sudah diajarkan sejak kelas 1, namun masih banyak siswa kelas tinggi (4,5,6) di sekolah saya yang belum menguasai operasi perhitungan sederhana. Salah satu penyebab masih lemahnya kemampuan perhitungan siswa adalah kurangnya siswa berlatih berhitung. Selain itu, matematika masih dianggap pelajaran yang sulit dan mengerikan.
Permainan ini sengaja diciptakan dari hasil modifikasi permainan sejenis untuk membuat latihan operasi perhitungan matematika di antara siswa menjadi lebih menyenangkan.

Kondisi Kelas

Metode ini pernah diujicobakan kepada siswa kelas 6 SDN Waya Halmahera Selatan dengan jumlah murid 15 orang.

Metode

Tembak-tembakan
Susunan tim dalam permainan
Satu tim terdiri dari 3 orang (harus). Semua jenis operasi perhitungan matematika dapat digunakan dalam permainan ini dan dapat juga dengan pembatasan nilai tertentu, misalnya perkalian hingga 10, penjumlahan maksimal 50, dst.
Berikut adalah tahap persiapan untuk bermain permainan ‘tembak-tembakan matematika’ ini:
  1. Siswa dibagi kedalam kelompok-kelompok, di mana dalam satu kelompok harus terdiri dari 3 orang siswa. Kita bisa membagi kelompok dengan cara yang unik, seperti dengan nyayian atau gerakan agar suasana kelas menjadi riang.
  2. Setelah terbagi menjadi beberapa kelompok, siswa dalam kelompok diminta untuk berbaris berbanjar ke belakang (lihat gambar). Semua kelompok diminta membentuk setengah lingkaran menghadap ke guru.
  3. Minta masing-masing kelompok menentukan nama kelompok. Nama kelompok dapat ditulis di kertas dan ditempel di dada murid paling depan, atau siswa yang berada paling depan memegang benda yang sesuai dengan nama kelompok mereka (misalnya memegang pensil, nama kelompoknya pensil, dst).
  4. Siswa yang berada paling depan dalam kelompok, diminta untuk jongkok. Siswa yang berada di tengah sedikit membungkuk ke depan, sedangkan yang paling belakang berdiri. Minta siswa untuk saling memegang pundak teman satu kelompoknya.

 Langkah-langkah Permainan

Siswa terdepan dari salah satu kelompok sedang 'menembak' kelompok lawannya
Siswa terdepan dari salah satu kelompok sedang ‘menembak’ kelompok lawannya
  1. Siswa yang berada di baris paling belakang bertugas untuk meneriakan kata “TEMBAK” sekaligus nantinya yang harus meneriakan jawaban dari pertanyaan dari tim lawan.
  2. Siswa yang berada di baris kedua bertugas meneriakan “SOAL/Pertanyaan” operasi perhitungan matematika, misalnya 4×6!!, 7×5!!, dll.
  3. Siswa di baris paling depan bertugas memilih kelompok lain yang dijadikan sasaran tembak. Siswa ini harus membuat bentuk pistol dengan tangannya dan mengarahkan ujung pistol (tangan) tersebut ke kelompok yang disasar sambil meneriakan nama kelompok sasaran dan berteriak DOR!, misalnya nama kelompok yang ditarget adalah ‘Matahari’, maka ia harus berteriak “MATAHARI, DORR!!!”.
  4. Kelompok yang ditembak, harus menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh kelompok lawan. Jawaban dari pertanyaan harus dipikirkan oleh masing-masing anggota kelompok, namun jawabannya diteriakan oleh baris paling belakang.
  5. Jika jawaban benar, maka baris kedua harus meneriakan SOAL/PERTANYAAN, kemudian dilanjutkan baris ketika dengan meneriakan nama kelompok sasaran lalu DORR!!.
  6. Begitu seterusnya permainan ini berlangsung.
  7. Kelompok yang salah menjawab, dinyatakan gugur. Sedangkan yang memberi pertanyaan itu berhak menembak lagi kelompok lain.
  8. Untuk memilih kelompok mana yang pertama kali menembak, ditentukan dengan ‘hompimpah’.
  9. Kelompok yang bertahan paling akhir adalah juaranya.

Contoh Permainan

Ruang Belajar Tembak-tembakan Matematika - Panca (2)
  1. Ada 5 kelompok: Matahari, Bulan, Bintang, Bumi, Satelit
  2. Setelah hompimpah, Matahari giliran menembak pertama.
  3. Baris paling belakang Matahari berteriak “TEMBAK!!”, baris kedua “7×5!!!”, siswa paling depan berteriak sambil menunjuk kelompok sasaran “Bulan, DORRR!!”.
  4. Bulan harus menjawab. Setelah mereka bermusyawarah, baris paling belakang Bulan berteriak “35, TEMBAK!!, baris kedua “4×4!!”, paling depan “Bintang, DORR!!”.
  5. Misalnya Bintang menjawab “12!!”, jawabannya salah, maka kelompok Bintang gugur. Kelompok Bulan berhak menembak lagi kelompok lain yang masih tersisa.
  6. Begitu seterusnya sampai kelompok yang bertahan paling akhir adalah pemenangnya.

Pelajaran yang Diambil

Dalam permainan ini siswa dilatih untuk berkonsentrasi dan fokus pada tugasnya masing-masing. Tanggung jawab untuk menjawab pertanyaan bukan siswa di baris belakang, melainkan tanggung jawab seluruh anggota kelompok. Karena itu, semua anggota tim harus bekerja sama agar jawaban yang diteriakan adalah benar.

Pendidikan Karakter yang Disisipkan

  • Siswa belajar berkompetisi secara jujur
  • Siswa belajar untuk bekerjasama dalam tim
  • Siswa belajar bahwa kelangsungan suatu kelompok/tim tergantung dari seorang anggotanya. Karenanya 1 orang dalam tim bekerja dengan baik, maka tim pun bekerja dengan baik.

Tips

Sebaiknya kelompok yang dibentuk terdiri dari siswa dengan kemampuan matematika yang heterogen. Sebelum permainan, siswa mendapat arahan agar tetap fokus dan berkonsentrasi dengan tugasnya dan memastikan bahwa mereka bekerjasama untuk memikirkan jawaban dari pertanyaan yang diterima.
Permainan ini juga sangat menyenangkan jika dilakukan di luar kelas.

catatan pak guru

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Post a Comment