Assalamu'alaikum pembaca Belajar Asyik
Wah, judulnya mantap yach..!!Kok bisa-bisanya mengeluarkan judul seperti itu, UN saja masih belum jelas ada atau tidaknya. Tapi di tengah kesimpangsiuran tersebut kita tetap harus mempersiapkan diri. Karena sampai saat ini kisi-kisi UN belum dikeluarkan oleh BNSP, oleh karena itu tidak ada salahnya kita untuk mempersiapkan diri dengan belajar sesuai kisi-kisi UN tahun lalu. Semangat....!! Ini dia kisi-kisinya:
KISI-KISI UJIAN NASIONAL (UN) IPA SD 2013
Wah, judulnya mantap yach..!!Kok bisa-bisanya mengeluarkan judul seperti itu, UN saja masih belum jelas ada atau tidaknya. Tapi di tengah kesimpangsiuran tersebut kita tetap harus mempersiapkan diri. Karena sampai saat ini kisi-kisi UN belum dikeluarkan oleh BNSP, oleh karena itu tidak ada salahnya kita untuk mempersiapkan diri dengan belajar sesuai kisi-kisi UN tahun lalu. Semangat....!! Ini dia kisi-kisinya:
KISI-KISI UJIAN NASIONAL (UN) IPA SD 2013
Written By : http://catatan-ngajar.blogspot.com. on Senin, 25 Februari 2013 | 12:44
Kisi-kisi UN IPA Tahun 2012/2013. Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) IPA di SD/MI merupakan standar minimum yang secara nasional harus dicapai oleh peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru. Untuk SK dan KD Ujian Nasional Tahun 2012/2013 Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merilis kisi-kisi soal Ujian Nasional 2013. Berikut ini kisi-kisi Ujian Nasional mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam :
Kompetensi | Indikator | |
1. | Memahami ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya | 1. Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/ ciri khusus tumbuhan tertentu 2. Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut 3. Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia/lingkungan. 4. Siswa dapat menjelaskan tujuan pelestarian hewan/tumbuhan |
2. | Memahami perkembangbiakan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan | 5. Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya. 6. Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan |
3. | Memahami saling ketergantungan antarmakhluk hidup | 7. Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis) 8. Siswa dapat menentukan rantai makanan/peran makhluk hidup dalam komunitas/ekosistem tertentu. 9. Siswa dapat menentukan peran/manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup di sekitarnya |
4. | Memahami penyesuaian diri pada makhluk hidup serta peranan manusia dalam keseimbangan lingkungan | 10. Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan 11. Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu |
5. | Memahami bagian tubuh manusia, tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat | 12. Siswa dapat menjelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan. 13. Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk 14. Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan. 15. Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk 16. Siswa dapat menentukan aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar 17. Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar 18. Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh manusia 19. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia. 20. Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis penyakit pada manusia |
6. | Memahami sifat penyusun benda, perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari | 21. Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi. 22. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu. 23. Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut. 24. Siswa dapat menjelaskan perpindahan kalor yang terjadi pada suatu kegiatan/peristiwa |
7. | Memahami hubungan antara gaya, gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. | 25. Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan 26. Disajikan pernyataan/gambar, siswa dapat mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk/arah suatu benda 27. Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan. 28. Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut 29. Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut 30. Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi 31. Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari. 32. Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/padam jika salah satu saklar diputus/disambung |
8. | Mendeskripsikan berbagai jenis sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan. | 33. Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah 34. Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber daya alam 35. Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb) 36. Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui. |
9. | Memahami sistem tata surya bagi kehidupan. | 37. Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya 38. Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi 39. Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan. 40. Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi/tahun hijriah. |
0 komentar:
Post a Comment