Waktu blog walking or silaturahim dibeberapa blog teman, diantara beberapa blog teman saya liat dibawah headernya sebelum postingan banyak aksesoris blognya, ragam widget salam sapa tuk pengunjunglah, bannerlah, iklanlah dan lah lah lainnya deh. Bermula dari awal ketertarikan itulah (lah lagi?), timbul hasrat saya tuk exsperimen kecil. Saya penasaran kok di template saya ngga ada dibagian elemen halaman kolom untuk menambah  gadget dibawah header ya?
Maka mulailah saya selancar dengan browsing, nanya kepaman google. Akhirnya nemu deh caranya, dipraktekkanpun langsung jadi karena rupanya tidak terlalu sulit, hanya butuh ketelitian dan kesabaran dikit ja…Alhamdulillah hasilnya dah tengokkan salam sebelum postingan blog ni?
Nah ni saya bagi tutorialnya buat teman teman.

 Bagaimana menambah elemen halaman tepat dibawah header
menambah elemen halaman tepat dibawah header
  • Anda mesti dalam keadaan log in ke blogger.
  • Masuk menu tata letak=>Edit HTML. Untuk mengantisipasi hal yang tidak anda inginkan, baiknya download lengkap dulu (backup) dulu template anda. Kalau saya langsung aja, he2.
  • Jangan lupa untuk mencentang kotak kecil Expand Template Widget.
  • Copi kode warna merah berikut, paste diatas kode ]]></b:skin>
#under_header{
margin:10px 0;
padding:1%;
width:100%;
}
  • Cari kode seperti ini:

<div id='header-wrapper'> 
<b:section class='header' id='header' maxwidget="1" showaddelement="no">
<b:widget id='Header1' locked='true' title='test (Header)' type='Header'/>
</b:section>
    </div>
  • Paste kode warna merah berikut dibawah kode tadi
<div id="under_header">
<b:section class='header' id='underheader' preferred='yes'/>
</div>
  • Langkah terakhir tinggal save template.

Coba sekarang lihat ke elemen halaman udah ada laman atau kolom untuk tambah gadgetnya apa belum? Kalau belum mungkin ada yang keliru, coba lagi! 
Oleh : amatullah

Post a Comment

 
Top