Tuesday 4 September 2012

Ciri - Ciri Khusus Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Hidupnya


Image:onta.jpg

Bumi merupakan tempat hidup untuk semua makhluk hidup. Tempat hidup di bumi ini bermacam-macam keadaan lingkungannya. Misalnya, pegunungan, pantai, gurun, dataran rendah, dan lautan. Keadaan lingkungan tempat makhluk hidup dipengaruhi pula oleh adanya siang, malam, dan musim. Hewan dan tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu mempunyai ciri - ciri khusus agar dapat tetap hidup. Apa ciri-ciri khusus tersebut? Untuk memahaminya mari kita pelajari uraian berikut ini

Ciri - Ciri Khusus Pada Beberapa Jenis Hewan

Image:ikan koi.jpgJika kamu mengamati ikan hias yang ada dalam akuarium, tutup insangnya bergerak. Mengapa tutup insang bergerak? Tutup insang akan tampak selalu membuka dan menutup pada saat ikan bernapas. Insang merupakan salah satu ciri dari ikan. Ciri lainnya adalah tubuh ikan licin mengandung lendir agar mudah berenang dalam air. Bagaimana dengan hewan - hewan lain. Apakah punya ciri - ciri khusus dalam tubuhnya. Lakukan kegiatan berikut, diskusikan bersama teman - temanmu satu kelompok.

Alat Pendeteksi Benda pada Kelelawar

Sayapnya terbuat dari kulit yang tipis,tiap sayap terdapat cakar berfungsi untuk bergelantung di gua atau dahan pohon Dapat mengeluarkan bunyi berfrekuensi tinggi berfungsi untuk memperkirakan jauh dekatnya jarak makanan atau rintangan Memiliki kemampuan ekolokasi yaitu kemampuann memperkirakan jarak suatu benda dengan mendengarkan gema pantulan bunyi

Kaki Lengket Pada Cecak

Apakah kamu pernah memperhatikan cecak? Mengapa cecak dapat berjalan di dinding ataupun di langit - langit rumah? Kaki cecak tertutup kulit tipis yang memiliki bulu - bulu halus yang banyak. Dengan kaki seperti itu, cecak dapat melekat pada dinding atau langitlangit rumah. Cecak juga mampu memutuskan ekornya untuk mengelabui musuhnya. Ekornya akan tumbuh kembali menjadi lebih lebar dan pendek. Kemampuan cecak seperti ini dinamakan autotomi.

Punuk Pada Punggung Unta Yang Mengesankan

Image:wajah unta.jpgPernahkah kamu melihat unta? Di mana? Unta hidup di gurun. Gurun adalah daerah yang sangat kering dan jarang hujan. Pada siang hari matahari sangat terik dan panas, sebaliknya pada malam hari sangat dingin. Hanya beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang dapat hidup di gurun. Unta dapat hidup di gurun karena unta memiliki bulu mata yang panjang berguna untuk menghalangi cahaya matahari dan untuk
menghalangi pasir agar tidak masuk ke mata. Selain itu, unta mampu menutup lubang hidungnya untuk menghindari pasir yang tertiup angin. Kakinya pun panjang supaya badannya jauh dari permukaan tanah yang panas. Pada punggungnya terdapat bagian menggembung berisi lemak yang disebut punuk. Lemak merupakan cadangan makanan sehingga unta dapat bertahan hidup beberapa hari tanpa makan dan minum.

Selaput Renang Pada Bebek
Image:bebekkk.jpg
Kamu tentu pernah melihat bebek yang sedang berenang di kolam atau empang. Mengapa bebek bisa berenang dengan cepat di air? Bebek yang sedang berenang tampak meluncur di air dengan cepat. Hal itu disebabkan oleh adanya selaput renang pada kaki bebek. Fungsi selaput renang ini adalah untuk pergerakan di air. Selain memiliki selaput renang, bebek juga memiliki paruh yang bentuknya khusus untuk mencari makan di dalam air dan lumpur. Coba kamu perhatikan bentuk paruh bebek. Paruh bebek bentuknya pipih dan lebar. Pada paruh bebek juga terdapat lempeng saringan yang berfungsi untuk menyaring makanan dari air dan lumpur.

Daun Telinga Besar Pada Gajah

Image:gggggaaaaaaaajjjaaaah.jpg
Gajah mempunyai belalai untuk mencari makan. Gajah mempunyai daun telinga yang besar, serta kulit yang tebal dan berkerut. Daun telinga yang besar sering dikibas - kibaskan untuk mengusir hewan kecil yang mengganggunya. Kulitnya yang berkerut berguna untuk memperluas permukaan tubuh, sehingga mudah menghilangkan panas tubuh. Bulu yang tumbuh pada tubuhnya pendek dan tipis, jadi gajah tidak kepanasan. Hewan mempunyai ciri - ciri yang khusus untuk bertahan hidup dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Laba- laba
 Perutnya menghasilkan cairan sutra untuk membuat jaring dalam menjebak mangsanya










Cumi-cumi
Dapat mengeluarkan cairan tinta berfunsi untuk menghindari serangan musuh






Trenggiling
 Memiliki sisik yang keras dan dapat menggulungkan tubuh seperti bola untuk menghindari dari serangan musuh Memiliki cakar yang kuat untuk menarik rayap dan senut dari sarangnya









Kalajengking
Memiliki sengat beracun berfungsi untuk melawan musuhnya










catatan pak guru

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

1 komentar: