RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDIT PERMATA HATI BATANG
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka Manusia
Waktu : 4
x 45 menit (3 X pertemuan)
Judul RPP :
PADEPOKAN TOTOK DARAH TSU BA TSA
Standar Kompetensi : Memahami hubungan antara
struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan hubungan antara
struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat mendeskripsikan rangka manusia seperti: rangka badan, rangka kepala, rangka
anggota gerak dan sendi secara tekun ( diligence ) , tanggung jawab ( responsibility ) dan teliti ( careful)
2. Siswa dapat mendeskripsikan
fungsi rangka manusia
Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa:
Pertemuan 1 dan 2:
Apersepsi:
Pengkondisian kelas
dengan yel-yel semangat
Scene setting:
Guru bercerita tentang seorang ahli totok darah itu harus dapat pas ketika
mentotok darah pasiennya, karena kalau salah dalam mentotok bisa berakibat
fatal cidera atau kematian. Oleh karena itu maka seorang ahli totok darah harus
tahu bagian-bagian anggota tubuh manusia. Guru mengajak siswa untuk menjadi
ahli totok darah dengan syarat harus tahu bagian-bagian tubuh manusia. Untuk
itu siswa harus belajar bagian-bagian tubuh manusia dengan belajar pada
“PADEPOKAN TOTOK DARAH TSU BA TSA” yang dipimpin oleh Begawan padepokan yang
diperankan oleh siswa yang ditunjuk oleh guru untuk mengoperasikan komputer /
alat peraga interaktif yang sudah kita buat.
Strategi:
Active Learning
Prosedur Aktivitas:
1. Guru menunjuk salah
satu siswa yang menjadi begawan bisa dengan acak, kuis atau rapi-rapian
diantara siswa.
2. Siswa dibantu guru
untuk mengoperasikan alat peraga
3. Ketika mencoba kuis
atau latihan soal sang begawan meminta untuk semua siswa harus memberi jawaban,
siapa yang benar menjawab dia bisa mengoperasikan alat peraga.
4. Setelah selesai guru
mengkelompokkan anak dengan berpasangan teman sebangku, yang satu orang
berperan sebagai ahli totok dan seorang jadi pasien
5. Guru mengadakan lomba
totok darah dengan kriteria cepat dan benar bagi yang bisa mentotok
daerah/bagian-bagian tubuh yang disebutkan oleh guru.
6. Setelah selesai
bergantian peran antara tukang totok darah dan pasiennya, gurupun mengadakan
lomba yang sama.
7. Pemenang bisa diadu
di depan kelas.
8. Pemenang dinobatkan
sebagai ahli totok darah
Project:
v Mewarnai rangka
manusia berdasarkan jenis tulangnya: merah: tulang pipa, kuning: tulang pipih,
hijau: tulang pendek dikerjakan di rumah, setiap anak mendapat 1 lembar gambar
rangka manusia
Penilaian:
1. Dari aktivitas siswa
dalam pembelajaran dengan kriteria: semangat, kerjasama, kemampuan untuk
menjawab soal/quis secara lesan ataupun lomba yang diadakan.
2. Test tertulis
Penilaian aktivitas:
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Kerjasama
Praktek
Sikap
|
* bagus
* sedang
* kurang
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* tenang,
tidak bikin masalah
* sedang
* kurang
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
KISI-KISI SOAL:
- Fungsi rangka
- Mengklasifikasikan jenis tulang
- Bagian rangka kepala
- Bagian rangka tubuh
- Bagian rangka anggota gerak
- Macam sendi pada manusia
- Kelainan tulang belakang pada manusia
SOAL:
1. Apakah kegunaan
rangka bagi manusia....
2. Gambarkan contoh
tulang pipih...
3. Berikan contoh yang
termasuk tulang pipa...
4. Sebutkan
bagian-bagian tulang yang terdapat pada gambar di bawah...
5.
Sebutkan
yang termasuk sendi putar pada manusia...
6.
Sebutkan
yang termasuk rangka kepala...
7.
Gambarkan
rangka anggota gerak dan sebutkan bagian-bagiannya..
8.
Gambarkan
kelainan tulang belakang manusia dan sebutkan namamya...
9.
Mengapa
ada sebagian orang pada waktu tua menjadi bungkuk...
10.
Bagimana
kalau manusia tidak mempunyai rangka...
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Aktivitas
|
Test tertulis
|
Produk
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Post a Comment